Wedding Celebration Festival 2019: Year End Biggest Wedding Exhibition WCF 2019: Inspirasi dan Solusi bagi Calon Pengantin Masa Kini

Jakarta, 3 Desember 2019Penyelenggaraan pameran pernikahan terbesar di akhir 2019, Wedding Celebration Festival (WCF) 2019, kembali menuai kesuksesan. Sampai pada hari terakhir penyelenggaraan pameran, para pengunjung terus memadati area pameran di Jakarta Convention Center. Antrian di loket tiket bahkan semakin mengular menjelang sore pada hari terakhir penyelenggaraan WCF 2019.

 

Dari segi jumlah pengunjung, pihak panitia mencatat adanya kenaikan total jumlah pengunjung selama tiga hari pameran. “Total pengunjung yang memadati area pameran WCF 2019 tercatat mencapai lebih dari 35 ribu orang atau naik sekitar 14% dibanding tahun lalu. Hal ini menunjukkan semakin banyak orang yang terbantu dengan adanya pameran pernikahan yang menghadirkan berbagai vendor dalam satu tempat,” terang Reza Paramita, Chief Operating Officer Weddingku. Ia berharap penyelenggaraan di tahun-tahun depan juga mampu menarik lebih banyak pengunjung.

 

Ia menambahkan bahwa selama ini Weddingku sebagai media pernikahan terkemuka telah membantu banyak pasangan merealisasikan pernikahan impian mereka. Kunjungan ke pameran pernikahan seperti WCF 2019 akan sangat membantu dalam memberikan gambaran apa yang diinginkan pasangan dan keluarga besar mereka. Keputusan besar yang harus diambil akan lebih mudah dilakukan dengan adanya masukan dari para vendor berpengalaman.

 

Selain itu, hampir seluruh vendor yang meramaikan WCF 2019 memberikan promosi yang menarik bagi para pengunjung. Tentunya ini menjadi nilai lebih bagi pengunjung yang membutuhkan lebih dari satu referensi. Hal ini mengingat perencanaan dan pelaksanaan pernikahan biasanya dilakukan dengan melibatkan banyak vendor mulai dari undangan, venue, dekorasi, katering, dokumentasi, hiburan, dan lain-lain. WCF 2019 membantu pengunjung merencanakan pernikahan dengan nyaman dan lengkap dalam satu tempat.

 

Untuk inspirasi undangan atau souvenir saja misalnya, WCF 2019 menghadirkan hampir 20 vendor yang masing-masing memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Untuk venue, hotel dan restoran terdapat lebih dari 30 vendor yang bisa dipilih pengunjung sebagai lokasi hari bahagia mereka.

 

Selain pameran, pada hari terakhir (24/11) gelaran WCF menghadirkan talkshow bertema Premarital Check-up bersama Prodia. Kesehatan calon pengantin menjadi sebuah hal penting yang harus diperhatikan dan dijalani oleh calon pengantin. “Pemeriksaan kesehatan baiknya dilakukan 3-6 bulan menjelang pernikahan agar bila ada penyakit yang memerlukan perawatan tertentu, masih ada waktu untuk mengatasinya,” ujar Federica, Laboratory Information Service Executive Prodia. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa kedua pasangan dalam keadaan sehat.

 

Program talkshow menjadi salah satu program pendukung kegiatan WCF 2019. Menurut Apriani, General Manager, Dyandra Promosindo, pihaknya berusaha memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi pengunjung WCF 2019. Selain mendapatkan kemudahan dalam menemukan vendor pernikahan terbaik, pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar persiapan pernikahan, termasuk dalam hal kesehatan.

 

Ratusan Vendor, Beragam Tema Pernikahan

Hadirnya sekitar 300 vendor pernikahan memberikan kesempatan emas kepada para pengunjung yang mencari vendor terbaik untuk membantu persiapan hari istimewa mereka. Hal ini sangat dirasakan oleh Bildy Travirnalky, salah satu pengunjung WCF 2019, yang menyatakan bahwa pameran pernikahan memudahkan dirinya dalam mempersiapkan pernikahan. WCF 2019 merupakan gelaran pameran pernikahan keempat yang dia hadiri sejak tahun lalu. Pada kunjungan pertama, ia berhasil mendapatkan vendor untuk venue dan pada WCF 2019, ia menuntaskan persiapan pernikahannya yang mengambil tema Silver Royal Blue. Gelaran kali ini lebih istimewa lagi untuk dirinya karena ia berhasil memenangkan Grand Prize WCF 2019 berupa satu unit Suzuki New SX4 S-Cross.

 

Selain Silver Royal Blue, tema pernikahan yang diprediksi akan banyak digunakan pada tahun depan adalah ‘rustic’. Secara istilah, ‘rustic’ merujuk pada nuansa pedesaan, tidak formal, dan umumnya didominasi oleh dekorasi berbahan kayu. Salah satu pengunjung yang menggunakan tema ‘rustic’ adalah Pita Ratana, yang menginginkan pernikahan yang sederhana dan kasual. Selain kedua tema di atas, WCF 2019 menawarkan berbagai tema lain yang disesuaikan dengan keinginan para calon pengantin yang hadir di pameran kali ini.

 

Selain tema, WCF juga menawarkan konsep pernikahan beragam yang bisa dipilih oleh pengunjung seperti konsep tradisional, nasional, maupun internasional yang masing-masing memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Para vendor berpengalaman di WCF 2019 siap memberikan masukan kepada para pengunjung dalam menentukan tema dan konsep pernikahan mereka.

 

Meriahnya pengundian Grand Prize

Menjelang penutupan pameran WCF 2019 kemarin malam (24/11), dilaksanakan pengundian kupon undian untuk mendapatkan grand prize berupa 1 unit mobil Suzuki New SX4 S-Cross, 2, Unit motor Kawasaki W 175, 3 pasang cincin pernikahan Frank & Co, 5 unit Samsung Galaxy S10. Pengundian dilangsungkan di area Plenary Hall Jakarta Convention Center dengan ribuan calon pengantin pada pukul 21.30 WIB. Dan disaksikan oleh segenap jajaran Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta, Kepolisian RI, Notaris, serta pihak penyelenggara yaitu Weddingku dan Dyandra Promosindo.

 

“Selama tiga hari penyelenggaraan WCF 2019, kami mengumpulkan lebih dari 55 ribu kupon yang berhak mengikuti undian doorprize. Kupon undian didapatkan dengen melakukan transaksi dengan nilai minimal Rp500.000 berlaku kelipatan hingga maksimal Rp 10.000.000. Secara total, jumlah transaksi pada WCF 2019 mencapai lebih dari Rp350 miliar, naik sekitar 16% dibanding tahun lalu,” ujar Apriani. Peningkatan jumlah transaksi menjadi sinyal positif bagi perkembangan industri pernikahan di Indonesia.

 

Daftar pemenang doorprize Wedding Celebration Festival (WCF) 2019 adalah: 

No

Jenis Hadiah

No. Voucher

Nama Pemenang

1

1 Unit Samsung Galaxy S 10

164XX

Gustin Kartika Rachman

2

1 Unit Samsung Galaxy S 10

023XX

Oktaviani

3

1 Unit Samsung Galaxy S 10

575XX

Agnes Susanto

4

1 Unit Samsung Galaxy S 10

442XX

Indah Lestari

5

1 Unit Samsung Galaxy S 10

0698XX

Gabriele Ramadhan

6

1 set cincin Frank & Co

172XX

Tjan Intenny Hartanto

7

1 set cincin Frank & Co

065XX

Anggita Aisha

8

1 set cincin Frank & Co

001XX

Maria Puspita

9

1 Unit motor Kawasaki W175

166XX

Pita Ranata

10

1 Unit motor Kawasaki W175

287XX

William Surya Tenggara

11

1 unit mobil Suzuki New SX4 S-Cross

156XX

Bildy Travirnalky S

 

Bagi para calon pengantin yang tidak sempat hadir di pameran WCF 2019 ataupun para calon pengantin yang akan mempersiapkan pernikahannya di tahun depan, tidak perlu khawatir karena Weddingku dan Dyandra Promosindo akan hadir kembali di Jakarta Convention Center, pada Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2020 pada 17 - 19 Januari 2020.